Pengertian Makelar Properti di Indonesia

Pengertian makelar properti di Indonesia
Makelar properti juga bisa membantu anda menjual atau mendapatkan unit properti.
Apa yang dimaksud dengan "makelar properti"? Makelar properti pada dasarnya sama seperti agen properti. Yakni orang-orang yang secara individu atau personal memasarkan unit-unit properti. Bedanya di sini adalah jika agen properti itu bernaung atau bekerja di sebuah perusahaan broker properti dan memiliki izin sertifikasi maka makelar adalah sebaliknya. Makelar tidak memiliki sertifikasi, makelar tidak terikat kepada sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Istilahnya freelancer.


Pengertian Makelar Properti di Indonesia


Siapapun bisa menjadi seorang makelar properti. Tidak ada syarat pendidikan dan usia. Kalau agen properti mungkin masih ada syaratnya karena dianggap mewakili sebuah perusahaan. Intinya adalah bisa menjual properti yang dititipkan. Contoh sederhananya misalnya karena anda supel berteman dengan banyak orang dan dianggap banyak relasi maka teman-teman mulai menitip jual atau sewakan unit properti mereka. Anda dibayar dengan sistem komisi per unit terjual atau tersewakan. Nah, posisi anda ini bisa dibilang sebagai makelar properti.


Makelar properti juga bisa dijadikan profesi. Baik secara penuh waktu atau paruh waktu. Penghasilannya juga bisa sangat besar tergantung unit yang terjual atau tersewakan. Ada banyak kok orang yang menjadi makelar properti terutama di kompleks hunian apartemen. Banyak unit apartemen yang disewakan atau diperjualbelikan lewat makelar ini. Pemilik tinggal menitipkan kunci dan biasanya makelarnya adalah sesama penghuni apartemen juga daripada harus melewati agen properti yang lebih birokratis. Kalau lewat makelar semuanya lebih cincai (gampang). Bagaimana? Apakah anda tertarik menjadi makelar properti?