Pengertian Marketing Properti di Indonesia

Arti marketing properti di Indonesia
Marketing properti adalah tenaga penjual resmi dari perusahaan developer
Marketing properti adalah mereka-mereka yang bekerja sebagai tenaga penjual (sales) di perusahaan-perusahaan developer properti. Biasanya sebagai karyawan tetap dengan mendapatkan gaji bulanan, komisi penjualan, bonus penjualan serta tunjangan-tunjangan lainnya. Persis sama seperti karyawan pada umumnya di perusahaan yang sama tetapi posisi atau perannya adalah sebagai tenaga pemasaran unit-unit properti yang dibangun atau dikembangkan oleh perusahaan developer tersebut. Unit properti yang dipasarkan atau dijual sudah pasti unit-unit baru atau bisa juga kavling tanah kosong yang disediakan oleh perusahaan. Gaji sih tidak seberapa tetapi bonus-bonus itulah yang sangat menarik. Salah satunya misalnya jika target penjualan tercapai maka bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri.


Marketing properti biasanya merujuk pada apa yang sering disebut dengan istilah "in-house marketing". Apa maksudnya? Maksudnya adalah biasanya semua perusahaan developer itu pasti ada rumah contoh alias show unit atau marketing gallery-nya. Atau mungkin anda juga pernah mendengar yang namanya "open house". Nah, tenaga marketing properti inilah yang ditunjuk dan didaulat untuk menjaga stand atau gallery tersebut seraya menjelaskan kepada calon pembeli yang datang untuk membeli atau sekadar bertanya-tanya. Jika perusahaan pengembang tersebut cukup kreatif maka sering juga mengadakan pameran-pameran properti yang biasanya di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan dan yang menjaga di sana sudah pasti adalah tenaga marketing ini.


Meski sama-sama tugasnya adalah sukses menjual unit properti, sampai di sini bisa kita bedakan antara marketing properti dengan agen properti, makelar properti atau konsultan properti. Kalau agen itu bekerja di perusahaan broker properti (bisa menjual unit rumah baru, rumah bekas, tanah, pabrik, dll), makelar properti bekerja sendiri secara freelance, konsultan properti lebih kepada saran investasinya dalam membeli sebuah unit properti sementara marketing properti adalah tenaga penjual unit properti resmi dari perusahaan developer properti. Dan unit yang dijual biasanya unit baru entah itu rumah, ruko, villa, apartemen, dst.